Cara dan resep membuat ayam bakar taliwang bikin ketagihan dan malas jajan di luar.

 

AYAM BAKAR TALIWANG
AYAM BAKAR TALIWANG

Hai bunda! Kali ini bawangkampong.com akan memberikan resep ayam bakar Taliwang, dan sudah tentu membuat siapa saja yang memakannya terasa sedang berada di resto mewah, dan malas jajan di luar, untuk cara pembuatannya sangat gampang kok, bunda tinggal ikuti saja cara pembuatannya dengan benar.

Ayam bakar Taliwang adalah jenis makanan khas yang berasal dari kampung Taliwang yaitu di Sumbawa Barat. Olahan ayam ini mulai di perkenalkan ke luar daerah untuk pertama kali oleh masyarakat Taliwang itu sendiri, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Namun sangat banyak orang yang salah dalam mengatakan atau mengartikan bahwa olahan ayam taliwang ini adalah makanan yang berasal dari Lombok.


Resep ayam bakar taliwang khas kota mataram. By.@lisna_lisnawati71

Dengan seiring populernya menu olahan ayam ini, maka ayam bakar taliwang juga semakin banyak kita jumpai di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Bahkan namanya juga berbeda-beda, contohnya adalah seperti di bawah ini:

  • Ayam bakar taliwang sasak tulen
  • Ayam bakar taliwang bersaudara
  • Ayam bakar taliwang rinjani
  • Ayam bakar taliwang khas lombok
  • Dll.

Untuk memulai membuat ayam bakar taliwang, maka bunda di rumah harus benar-benar menyimak semua tulisan yang ada di bawah dengan benar dan teliti, agar hasil saat bunda mencobanya bisa maksimal.

Ok! Kita langsung saja ke bahan dan cara pembuatan ayam bakar taliwang khas kota mataram atau sering di sebut dengan khas lombok.

Bahan :

- 1 ekor Ayam (1 kg)

- 500 mil air

- 1 Saset santan instan ukuran (65 mil)

- 2 lmbr daun jeruk

- 2 lmbr daun salam

- 1 btg serai geprek

- 2 sdm gula merah sisir

- gula pasir, kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya

.

Bumbu ayam bakar taliwang yang dihaluskan :

- 15 buah cabai merah keriting

- 10 buah cabai rawit

- 6 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 4 butir kemiri

- 2 ruas kencur

- 1 bks kecil terasi ABC

.

Cara Membuatnya :

1. Cuci bersih ayam, potong jadi 4 bagian) sesuai selera saja ya, lumuri dengan air jeruk nipis diamkan kurang lebih 5-10 menit

2. Tumis bumbu halus dihaluskan, daun jeruk, daun salam dan serai, Tumis hingga matang dan harum, masukkan Gula Merah sisir, gula pasir, garam dan kaldu ayam bubuk, aduk, tambahkan air dan 1 Saset santan instan, aduk dan masak hingga mendidih

3. Setelah mendidih masukkan ayam, masak/ungkep, jangan lupa dibolak-balik biar bumbunya meresap daging ayamnya secara merata, cek rasa, bila bumbunya kurang bisa di tambahkan lagi, masak hingga bumbu meresap dan kuah asat (sisakan sedikit kuahnya), angkat

4. Bakar Ayamnya dan bolak-balik, sambil di olesi dengan sisa bumbu ungkepan bekas ayam, angkat dan sajikan bersama sambal dan lalapan


SAMBEL

Bahan:

- 1 genggam cabai rawit merah dan cabai rawit hijau (saya: campur ya)

- 5 buah cabai merah keriting

- 2 buah tomat merah ukuran sedang

- 4 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- terasi ( saya : skip)


cara masak sambalnya:

1. tumis semua bahan sambal hingga layu, lalu Ulek, tambahkan garam, gula dan penyedap bila suka, cek rasa

2. Tambahkan minyak bekas menggoreng bahan Sambal tadi, sajikan...jadi deh


BAJA JUGA :


Itulah tadi resep ayam bakar taliwang yang sekarang ini sangat populer dan bahkan di kenal ke seluruh daerah atau kota-kota besar yang ada di Indonesia. Untuk menjumpai makanan satu ini juga tidak susah, karena hampir seluruh resto, Cafe dan warung kaki lima kini menjual ayam bakar taliwang.

Untuk harga ayam bakar taliwang juga tidak terlalu mahal, biasanya warung kaki lima memasang harga antara kisaran 50 ribu sampai 70 ribu rupiah, namun berbeda pula harga yang terdapat pada resto atau Cafe biasanya lebih mahal.

Untuk bunda yang telah membaca resep nya di atas tadi, mendingan bunda mencobanya sendiri di rumah daripada harus mengeluarkan uang untuk membeli yang siap saji, sisa uang lebih kan bisa bunda tabung. Semoga apa yang saya bagikan pada artikel ini bisa membantu bunda di rumah, terima kasih.

To Top