9 Resep jajanan yang selalu di gemari oleh anak-anak.

 Jajanan selalu di gemari oleh semua kalangan, sangat banyak jenis jajanan yang terdapat di luar sana dan memiliki berbagai jenis dan keaneka ragaman, baik jajanan tradisional maupun jajanan kekinian yang sedang trend.


Berikut bawang kampong akan memberikan 9 resep jajanan yang selalu di gemari oleh anak-anak di luar sana.


Bunda bisa pilih sendiri dari sekian resep jajanan yang ada di bawah, dan bisa bunda buat sebagai usaha ataupun hanya sekedar makanan sa'at bersantai bareng keluarga.


Onde-onde
Onde-onde ketawa

Onde Onde Ketawa

@fitrisasmaya


Bahan:

- 150 g tepung terigu protein sedang

- 1/2 sdt baking powder

- 50 g gula pasir

- 1 butir Telur

- 20 g margarin

- 1/8 sdt Vanili bubuk

- secukupnya wijen dan air


Cara membuat:

- mixer margarin dan gula sampai larut (bisa dicampur pakai spatula jg ya) lalu tambahkan telur , mixer/aduk sampe rata


BACA JUGA: Resep membuat puding yang cantik dan enak.


- ️masukkan tepung terigu dan baking powder


- ambil adonan benruk bentuk bulat2, celup air, guling2 di wijen.


- Gunting bagian atasnya membentuk huruf x (bisa juga tanpa digunting2) , goreng dg minyak panas api sedang


note jadi :16 buah @14 g


Nugget ayam
Nugget ayam


NUGGET AYAM

source: @bunda_didi 


Bahan:

- 600 gr daging ayam cincang

- 100 gr tapioka

- 4 butir telur

- 200 ml susu cair

- 5 butir bawang merah ukuran kecil, haluskan

- 2 siung bawang putih, haluskan

- 2 sdt kaldu bubuk

- 2 sdt gula pasir

- 1/2 sdt lada bubuk

- Sejumput garam

BACA JUGA: Resep membuat getuk.

Bahan pelapis:

Terigu+sedikit kaldu bubuk, larutkan dengan air hingga kekentalan sedang

Tepung panir secukupnya


Cara:

1. Dalam wadah, campur semua bahan adonan nugget, aduk hingga rata


2. Test rasa dengan menggoreng sedikit adonan, sesuaikan asin gurihnya dengan selera masing-masing


3. Tuangkan ke dalam loyang yang sudah dilapisi daun pisang dan dioles dengan minyak goreng (agar mudah mengeluarkan dari loyang)


4. Panggang di suhu 180' selama 25-30 menit, sampai adonan kesat saja jangan terlalu kering agar daging ayam tetap juicy


5. Dinginkan, keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai selera


6. Celupkan nugget ke tepung pencelup, kemudian gulingkan ke tepung panir


7. Simpan di dalam kulkas sebentar agar lebih set sebelum digoreng


8. Goreng nugget di minyak panas hingga matang


Donat maizena
Donat maizena


Donat Maizena

(Source: @wawawiati)


Bahan-bahan:

- 300 g tepung terigu protein tinggi

- 60 g tepung terigu protein sedang

- 40 g tepung maizena

- 40 g gula pasir

- 1/2 sdt baking powder (optional)

- 4 g ragi instan

- 1 sachet kental manis

- 1 butir telur

- 150 mL air

- 50 g margarin

- 1/2 sdt garam


Cara:

1. Campur tepung terigu protein tinggi, protein sedang, maizena, gula, baking powder, dan ragi instan. Aduk sampai tercampur rata.

BACA JUGA: 3 Resep bolu yang enak dan lembut.

2. Tambahkan kental manis, telur, dan air sedikit demi sedikit sambil diulen sampe teksture setengah kalis.


3. Tambahkan margarin dan garam, ulen sampe kalis elastis dan teksture mulus.


4. Bagi adonan menjadi 12-13 bagian dengan berat masing2 bagian kurang lebih 55-56 g.


5. Bulatkan masing2 bagian sampe licin dan rapi. Istirahatkan adonan selama 15 menit.


6. Pipihkan adonan, gulung, kemudian plintir sampai panjangnya kurang lebih 45-50 cm.


7. Lilitkan adonan, bentuk sampai semua adonan habis. Istirahatkan kembali selama 30 menit atau sampai mengembang.


8. Goreng adonan dengan api kecil banget. Balik jika satu sisi sudah kecoklatan. Angkat jika sisi satunya jg kecoklatan.


9. Tiriskan, beri topping sesuai selera.


Nugget pisang
Nugget pisang


Nugget Pisang

by @fridajoincoffee


Bahan:

- 500 gr pisang matang, haluskan

- 100 gr tepung terigu

- 30 gr susu bubuk

- 15 gr gula Pasir

- 2 butir telur, kocok lepas

- 1/4 sdt garam

- 1/2 sdt vanili


Bahan pencelup:

- 50 gr tepung terigu

- 2 butir telur, kocok lepas

- tepung panir secukupnya

BACA JUGA: Resep wajik yang legit dan manis.

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata.

2. Tuang ke loyang 20x10, yg telah dialasi baking paper atau dioles minyak.

3. Kukus selama 25 menit, dinginkan lalu potong2 sesuai selera.

4. Celupkan ke dalam tepung terigu, lalu telur, lalu balur dengan tepung panir.

5. Panaskan minyak goreng kemudian goreng sampai warna kuning kecoklatan.

6. Siap disajikan dengan aneka topping sesuai selera.


Catatan:

1. Bisa pisang apa aja, asalkan matang dan manis kaya kamu. Aku pake pisang kepok yang udah matang banget.

2. Aduk adonan jangan overmix, supaya nugget tidak terlalu padat/keras.

3. Jika tidak segera digoreng, nugget yg sudah dibalur tepung panir, bisa dikemas dengan wadah tertutup, disimpan di dalam freezer, bisa tahan hingga 1-3 bulan.

4. Resep untuk 36 potong nugget pisang.


Cakwe
Cakwe


CAKWE

by @shafur.bajry


Bahan: 

- 350gr tepung terigu protein tinggi

- 1butir telur

- 1sdt baking powder double acting

- 1sdt baking soda 

- 1sdt gula pasir

- 2sdm minyak goreng

- 170-180ml air 

BACA JUGA: Membuat bolen yang gurih.

Cara Membuat : 

- Campur semua bahan kering, tambahkan telur dan minyak uleni.


- kemudian tambahkan air sedikit² uleni sampai tercampur rata.


- olesi permukaan adonan dengan minyak kemudian bungkus dengan plastik wrap atau wadah

h tertutup simpan dalam kulkas semalaman sekitar 12jam


- keluarkan adonan ari kulkas kemudian pipihkan memanjang kemudian potong²


- Tumpuk 2adonan tekan tengah nya menggunakan sumpit.


- Goreng dengan minyak panas sampai kecokelatan.


- Angkat tiriskan dan siap disajikan.


Martabak manis
Martabak manis


KUE MARTABAK MANIS ATAU KUE MANJA

Recook : SJ, koleksiresepsj


Bahan:

- 150 gr tepung terigu

- 250 ml air

- 1 SDM gula pasir

- 1/2 SDT garam

- 1 SDT baking powder

- 1/4 SDT baking soda

- 1/2 SDT vanili bubuk

- 2 SDM susu bubuk

- 1 butir telur

- 1 SDM minyak sayur

- Selai/isian sesuai selera .

BACA JUGA: Roti pisang, dengan tambahan coklat dan keju.

Cara membuat: 

- Campur bahan kering tepung terigu, gula pasir, garam, baking powder, baking soda, vanili bubuk, dan susu bubuk. 


- Masukkan air ke adonan kering, aduk rata. 


- Kocok lepas telur, masukkan dan aduk rata di adonan.


- Terakhir masukkan minyak sayur, aduk rata. Diamkan 10 menit.


- Panaskan pan teflon, oles dengan minyak/mentega, tuang adonan, masak sampai agak mengering, beri selai/isian, lalu rekatkan 2 ujung berlawanan.


- Angkat dan sajikan. . ⁣


Risol ragout sayur
Risol ragout sayur


RISOL RAGOUT SAYUR

by : @dapur.shanty__6


BAHAN KULIT : 

150 gram terigu protein rendah atau sedang

1/4 sdk teh garam

2 butir telur

400 ml susu cair (Me : susu full cream)

2 sdm minyak goreng, aduk rata


CARA MEMBUAT :

Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk rata, masukkan minyak goreng, aduk rata lagi. Bila ada tepung yang masih menggerindil di adonan, saring pakai saringan adonannya sampai halus dan licin. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm.


BAHAN PENCELUP :

1 butir telur kocok lepas

Tepung panir secukup nya


BAHAN ISI SAYUR :

3 buah wortel

1 buah kentang besar

Daging ayam vege secukupnya

Kaldu jamur secukupnya

Gula dan garam secukupnya

Boleh pake bawmer dan batput jika suka

Sedikit minyak utk tumis

Sedikit saos tiram jamur

Lada putih


CARA MEMASAK :

Buang kulit wortel dan kentang cuci bersih potong kotak kecil, rebus sampai matang

Panaskan minyak tumis daging vege dan saos tiram, kaldu jamur,masukkan wortel dan kentg aduk rata kasih garam dan gula, apabila kental kasih sedikit air, test rasa koleksi selera sendiri lalu kasih sedikit lada putih, angkat sisikan siap isi


PENYELESAIAN :

Ambil selembar kulit risoles

Isi dengan adonan isi seckupnya

Lipat bentuk risoles

Celup ke telur kocok

Gulingkan ke tepung panir kasar orange agar penampilan risolnya cantik.

Goreng ke minyak yang sudah di panaskan hingga matang


Pahe
Donat pahe


Resep membuat Donat Pahe


bikin camilan waktu kecil dulu enak bgt dicocolin saos lebih mantap.

from @widipurnamasari


Bahan :

- Tepung terigu cakra 250 grm

- Ragi 5 grm

- Soda kue 1 sdt

- Baking powder doble acting 1sdt

- Garam dan chicken seasoning sesuai selera

- Air secukupnya sampai adonan kalis

- Telor 1 butir untuk celupan

- Tepung roti secukupnya untuk balutan


Bahan saus :

- Saus sambal 5 sdm

- Air secukupnya

- Gula pasir 1 sdt

- Garam secukupnya

- Dicampurkan


Cara :

1. Campurka semua bahan kering aduk manual pake spatula ,lalu masukan air dan aduk aku pake mixer klo udh kecampur aku ulenin manual digilas dan dibanting banting sampai permukaan halus.


2. Tutup adonan diamkan sampai mengembang kurleb 30 menit ,klo udh mengembang kempikaskan pipihkan gulung lagi diamkan lg 30 menit / sampai mengembang lg trus abis gitu aku ulangi setiap sejam sekali jd aku bikin pas jam 12 di goreng jam 5 sore.


3. Kempiskan adonan,pipihkan bagi adonan menjadi 2 bagian 1 bagian di masukin kulkas jadi klo mau di masak keluarin dulu sejam baru di goreng,ambil secukypnya adonan tempel ke stick lalu celupkan kedalam telur balut dgn tepung roti ulangi sampai adonan habis lalu goreng noted minyaknya harus panas ya klo dimasaknya pake api sedang


Martabak pandan keju susu


MARTABAK PANDAN KEJU SUSU LIPAT


by @silvialim18

Recipe source: @farahquinnofficial

Made with @mitochiba.id @steincookware


Bahan:

- 2 butir telur utuh

- 125 gr gula pasir

- 200 ml susu cair full cream.

- 1/2 sdt pasta pandan, aduk rata

- 150 gr tepung terigu protein sedang

- 50 gr tepung beras

- 1 sdt baking powder

- 1/2 sdt baking soda

- 1/2 sdt garam


Add: gula pasir secukupnya

Filling: keju parut dan SKM


Cara membuat:

1. Masukkan semua bahannya ke dlm wadah Magic Chopper CH-200 @mitochiba.id lalu aduk pakai chopper hingga tercampur rata sekitar 30 detik.


2. Panaskan fry pan diamond 20 cm @steincookware dgn api kecil saja, tuang 100 gr adonan (takarannya boleh sesuaikan selera ya) lalu biarkan hingga permukaannya berlubang-lubang, taburi dgn gula pasir secukupnya dan tutup sebentar.


3. Setelah itu buka tutupnya, beri keju parut & SKM sesuai selera lalu lipat deh martabaknya dgn menggunakan bantuan sutil latte @steincookware dan angkat. Ulangi step no 2 & 3 hingga adonan martabaknya habis ya. Sajikan selagi hangat. Enjoy!


Dari sekian resep jajanan, mana yang bunda dan si buah hati suka?


Bunda bisa lihat resep yang lainnya juga di halaman pertama bawang kampong, atau di bagian kategori resep.


Sampai bertemu di resep berikutnya.

To Top