Cara membuat sagon kelapa gurih.

BAWANG KAMPONG
0

 

Sagon kelapa
Sagon kelapa

Cara membuat sagon kelapa gurih.

Kalau ingat sagon kelapa, pasti teringat masa kecil dulu.

Dimana waktu masih sekolah sd, sa'at itu sagon kelapa masih trend-trend nya.


Dan sa'at pulang sekolah pasti ada aja yang di beli buat di bawa pulang, ya itu sagon kelapa.


Tekstur sagon kelapa sangat kering dan gurih. Jadi terbawa suasana masa kecil deh.


Dari pada cuma mengingat masa waktu masa kecil dulu, mendingan kita langsung praktek aja deh makanan populer tahun 1990 - 1992.


By @husnacookings 


BAHAN-BAHAN :

- 300 gram tepung sagu (bisa ganti tapioka) pilih yg kualitas bagus. 

- 200 gr kelapa parut

- 4 lembar daun pandan (2 utk sangrai sagu, dan 2 utk sangrai kelapa) 

- 110 gram gula pasir

- 1/4 sdt garam

- 75-85 ml air


BACA JUGA: Membuka usaha keripik tahu dengan modal sangat sedikit.


CARA MEMBUAT :

1. Siapkan wajan : masukkan tepung sagu dan 2 lembar daun pandan, sangrai dengan api kecil sambil terus di aduk hingga jadi ringan dan daun pandannya kering. Lalu sisihkan dan biarkan hangat kuku/dingin.


2. Siapkan wajan : masukkan kelapa parut dan 2 lembar daun pandan. Sangrai hingga kelapanya kering (tapi tetap berwarna putih) jangan sampai jadi coklat (ntar jadi serundeng dong hehe) . Setelah kelapa kering, angkat dan pindahkan ke wadah lain. Aduk hingga uap panas hilang dan jadi hangat/dingin.


3. Masukkan tepung sagu yg telah di sangrai, aduk rata. Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus di aduk pakai tangan hingga rata dan teskturnya bisa di gemggam. Intinya : tambahkan air dan aduk pakai tangan hingga adonan bisa di genggam. 


4. Ambil cetakan kue kering (bentuk sesuai selera). Lalu tata di atas loyang, kemudian masukkan adonan sedikit demi sedikit sambil di tekan kuat dengan jari, agar lebih padat dan tidak hancur saat cetakan di angkat. Setelah padat dan terisi penuh, kemudian angkat cetakan pelan-pelan. Jari tangan kanan menekan adonan, jari tangan kiri melepas cetakan. Lakukan hingga selesai. 


5. Kemudian adonan siap untuk di panggang . OVEN LISTRIK : Suhu 160°c api atas bawah 30-35 menit || OVEN TANGKRING : Api sedang 40-45 menit, di menit ke 20, tukar posisi loyang (yg bawah ke atas, yg atas ke bawah). Atau sesuaikan dengan oven masing-masing. 


6. Setelah matang (angkat dan tunggu dingin). Setelah dingin, kue akan jadi lebih padat. Sajikan.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)