cara membuat es dawet cup dengan mudah dan cepat.

BAWANG KAMPONG
0

es dawet
es dawet cup


Es Dawet adalah minuman khas yang berasal dari Jawa, dimana minuman ini yang terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan, dan disajikan bersamaan dengan es batu yang telah di parut serta gula merah yang telah di cairkan dan santan. Minuman ini manis dan sedikit gurih. Es dawet merupakan minuman khas yang berasal dari kota Jepara.


Berikut adalah bahan dan cara dalam membuat es dawet

Sebelum bunda membuat minuman satu ini ada baik nya bunda mempersiapkan bahan terlebih dahulu agar bunda tidak terlalu sibuk.


Bahan yang di perlukan dalam membuat es dawet:

100 gr tepung sagu

250 gr tepung beras

900 cc air

150 cc air daun suji dari 10—12 lembar daun

1/2 sdt garam

4 Sdm air kapur sirih

Potongan es untuk mendinginkan dawet saat dicetak


Pelengkap dalam membuat es dawet:

500 gr santan

400 gr gula merah dimasak bersama 250 cc air sampai larut dan kental

150 gr nangka/ durian


Cara membuat es dawet:

Pada saat bunda mulai memasak dan mencampuri bahan, bunda harus melihat semua caranya agar nanti tidak salah atau gagal, dan yang pasti es dawet yang bunda buat bisa enak.


BACA JUGA : Cara membuat bubur dari ketan hitam yang yammie


1. Larutkan tepung sagu dan tepung beras dengan air sedikt demi sedikt ssampai air tersisa setengah. Masak sampai mendidih sisa air dengan air daun suji garam dan air kapur. Matikan api lalu tuangkan adonan tepung pelan-pelan. Lalu kembali nyalakan api dan aduk at hingga matang sampai kental dan angkat.


2. Saat masih agak panas tuang adonan dawet kedalam saringan khusus untuk dawet/cendol sambil ditekan-tekan. Tampung dawet dalam wadah berisi air matang dan bongkahan kecil es batu. Setelah mengeras, saring dan sisihkan


3. Tuang dalam dua gelas 2 sdm sirup gula merah atau sesuai selera, beri nangka, dawet dan es batu. Tuangkan santan 150—200 cc

Sajikan


Semoga resep es dawet cup di atas tadi bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua, terutama untuk yang memang mencari resep es dawet untuk keperluar jualan. Di bagikan juga ke yang lain agar kita semua bisa menambah ilmu di bidang resep dan kuliner.


Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)