cara membuat es dawet cup dengan mudah dan cepat.

Es Dawet adalah minuman khas yang berasal dari Jawa

es dawet
es dawet cup


Es Dawet adalah minuman khas yang berasal dari Jawa, di mana minuman ini yang terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan, dan disajikan bersamaan dengan es batu yang telah di parut serta gula merah yang telah di cairkan dan santan.


Minuman ini manis dan sedikit gurih. Es dawet cup merupakan minuman khas yang berasal dari kota Jepara.


Berikut adalah bahan dan cara dalam membuat es dawet cup

Sebelum bunda membuat minuman satu ini ada baiknya bunda mempersiapkan bahan terlebih dahulu agar bunda tidak terlalu sibuk.


Bahan yang di perlukan dalam membuat es dawet cup:

100 gr tepung sagu

250 gr tepung beras

900 cc air

150 cc air daun suji dari 10—12 lembar daun

1/2 sdt garam

4 Sdm air kapur sirih

Potongan es untuk mendinginkan dawet saat dicetak


Pelengkap dalam membuat es dawet:

500 gr santan

400 gr gula merah dimasak bersama 250 cc air sampai larut dan kental

150 gr nangka/ durian


Cara membuat es dawet:

Pada saat bunda mulai memasak dan mencampuri bahan, bunda harus melihat semua caranya agar nanti tidak salah atau gagal, dan yang pasti es dawet yang bunda buat bisa enak.


BACA JUGA : Cara membuat bubur dari ketan hitam yang yammie


1. Larutkan tepung sagu dan tepung beras dengan air sedikit demi sedikit sampai air tersisa setengah. Masak sampai mendidih sisa air dengan air daun suji garam dan air kapur. Matikan api lalu tuangkan adonan tepung pelan-pelan. Lalu kembali nyalakan api dan aduk hingga matang sampai kental dan angkat.


2. Saat masih agak panas tuang adonan dawet ke dalam saringan khusus untuk dawet/cendol sambil ditekan-tekan. Tampung dawet dalam wadah berisi air matang dan bongkahan kecil es batu. Setelah mengeras, saring dan sisihkan


3. Tuang dalam dua gelas 2 sdm sirup gula merah atau sesuai selera, beri nangka, dawet dan es batu. Tuangkan santan 150—200 cc

Sajikan


Semoga resep es dawet cup di atas tadi bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua, terutama untuk yang memang mencari resep es dawet cup untuk keperluan jualan. Di bagikan juga ke yang lain agar kita semua bisa menambah ilmu di bidang resep dan kuliner, oh iya saya juga mau bilang kalau bunda juga bisa membuat resep es cendol cup yang memang belum banyak orang membuatnya.


Untuk resep es cendol cup akan saya bagikan di waktu selanjutnya, terima kasih ya bun karena telah bersedia pada blog ini dan meluangkan waktunya untuk membaca, sampai jumpa.


resep berbuka puasa Resep jajanan Resep minuman
BAWANG KAMPONG
BAWANG KAMPONG
Assalamu'alaikum? Nama saya adalah Muhammad Nasir, umur 30 dan saya kelahiran kota langsa, aceh
Post a Comment
Top comments
Newest first
] -->
Table of Contents
Link copied successfully.