Cara mengatasi gatal kulit dengan obat herbal

gatal pada kulit
gatal pada kulit

Banyak hal yang dapat menyebabkan gatal pada kulit, contoh penyebab kulit menjadi gatal adalah tidak cocoknya air yang di gunakan pada sehari hari, ke seringan terkena panas matahari sehingga menimbulkan rasa gatal dan masih banyak lagi hal yang dapat membuat kulit kita menjadi gatal.


Gatal pada kulit memang bukan penyakit yang membahayakan namun sangat menjengkelkan dan membuat tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri dan sangat mengganggu. Solusi atasi gatal yang paling umum adalah dengan menggaruknya.


Menggaruk kulit sebenarnya tidak menyelesaikan masalah karena hanya menghilangkan rasa gatal sesaat saja, hanya pada saat kulit digaruk saja. Selanjutnya menggaruk berulang kali malahan dapat menyebabkan iritasi dan merasa lebih gatal lagi. Oleh sebab itu, untuk mengatasi gatal, hindarilah menggaruk gatal pada kulit.


BACA JUGA : Cara mengambil manfaat dari pisang klutuk muda.


Penyebab penyakit gatal pada kulit bisa bermacam-macam. Ada yang bisa disebabkan oleh penyakit Diabetes atau penyakit kulit seperti kudis, biasanya penyakit kulit ini disebabkan oleh berkembangnya jamur atau bakteri pada kulit.


Penyebab gatal pada kulit lainnya misalnya biang keringat, alergi karena makanan atau udara, gigitan serangga atau binatang, atau bahkan akibat terkena tumbuhan tertentu atau mungkin juga terkena ulat bulu atau binatang lainnya. Obat gatal kulit sebaiknya diberikan sesuai dengan penyebab gatal tersebut.



Cara mengatasi gatal pada kulit yang di sebabkan oleh banyak hal.

Cara tradisional untuk mengatasi gatal pada kulit juga bisa dilakukan yakni dengan menggunakan media minyak Zaitun atau minyak kelapa yang dipanaskan dengan aneka tumbuhan yang pahit seperti sambiloto, mimba, sirih, brotowali, dicampur dengan sedikit garam lalu hangat-hangat dioleskan ke kulit.


Selain itu, untuk gatal pada kulit yang ringan, anda bisa menggunakan minyak kayu putih, minyak telon atau lotion bahkan lebih baik lagi lotion khusus pengurang rasa gatal. Bentol-bentol pada kulit dapat diatasi dengan menggunakan bedak tabur. Penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi harus dicermati.


Anda harus menemukan penyebab alergi Anda dan menghindari penyebab tersebut misalnya makanan atau bahkan bahan-bahan pakaian tertentu. Selama Anda terserang penyakit gatal, Anda juga harus menjaga makanan yang masuk ke tubuh agar tidak memperparah penyakit gatal tersebut.



Namun selain degan obat oles, Penyakit kulit seperti gatal gatal juga bisa diatasi dengan beberapa obat tradisional.


RESEP 1 :

Rebus 20 gram batang brotowali dengan 2 gelas air dan sedikit garam, biarkan mendidih sampai airnya tinggal setengah, diamkan sampai agak dingin, lalu pakai untuk merendam atau kompres hangat2 di bagian yang gatal. .lakukan 2x sehari lalu oleskan minyak herbal Mahkota dewa


RESEP 2 :

30 daun sambiloto, 30gram daun mimba, rebus dengan air satu liter, biarkan mendidih hingga 5 menit, gunakan untuk merendam atau kompres di bagian yang gatal. Keringkan dan oleskan minyak herbal Made/Mahkota dewa.


Resep 3 :

20 lembar daun sirih yang tua, rebus dengan 3-4 gelas air, gunakan air rebusan daun sirih yang hangat untuk mencuci atau mengompres bagian yang terkena gatal-gatal.


Catatan: artikel ini diambil dari berbagai sumber di internet dan pengalaman klinik herbal

To Top