Manfaat brokoli untuk lawan kanker

BAWANG KAMPONG
0

manfaat brokoli
manfaat brokoli untuk mencegah kanker

Berikut manfaat dan khasiat brokoli hijau untuk mencegah datangnya kanker.

Sering mengkonsumsi brokoli namun belum tahu manfaat dari brokoli. Yuk di simak agar kita tahu apa apa saja yang terkandung di dalam brokoli dan berbagai manfaat yang terdapat di dalam nya.


Sebelum kita lanjut ke manfaat brokoli, kita akan coba untuk mencari cara bagaimana cara memasak brokoli yang enak. Ternyata brokoli sangat enak di masak dengan berbagai menu, seperti di tumis, di sop, di soto dan banyak lagi. Namun bila bunda ingin manfaat brokoli lebih full lebih baik di kukus atas di rebus, jadi tidak menggunakan minyak.


Bila brokoli di masak menggunakan minyak maka manfaat brokoli untuk mencegah kanker akan hilang dan bahkan menjadi parah karena mengandung minyak.


BACA JUGA : Khasiat daun suruhan.


Brokoli diketahui memiliki segudang manfaat, salah satunya yaitu mampu melawan sel kanker. Namun, menurut sebuah studi terbaru, cara memasak brokoli sangat menentukan kemampuannya untuk melakukan hal itu.


Brokoli dan sayuran berbunga lainnya merupakan sumber baik senyawa sulforafan. Senyawa tersebut diketahui memiliki manfaat antikanker yang kuat dalam studi laboratorium.


Kendati demikian, untuk membentuk senyawa tersebut, brokoli membutuhkan enzim yang disebut dengan mirosinase. Jika enzim tersebut rusak, maka sulforafan tidak akan terbentuk.


Karena itu, para peneliti pun menguji coba beberapa teknik memasak brokoli. Mereka membandingkan brokoli yang diolah dengan cara direbus, di-microwive, dan dikukus. Kemudian, mereka menemukan cara mengukus adalah yang terbaik dalam menjaga enzim tetap aktif.


Menurut Elizabeth Jeffery, peneliti studi asal University of Illnois, mengukus selama lima menit adalah cara memasak terbaik untuk mempertahankan enzim misorsinase pada brokoli.


Jeffery juga menemukan, jika terbiasa makan brokoli matang, cara lain untuk mendapatkan sulforafan yaitu dengan makan sayuran dengan cara mentah (raw food).


Dalam studi ini, para peneliti juga membandingkan kelompok peserta yang diberi suplemen brokoli tanpa mirosinase dan kelompok lain yang diberi makanan brokoli dengan mirosinase. Hasilnya kadar sulfarofan dalam kelompok kedua lebih tinggi secara signifikan daripada kelompok pertama.


BACA JUGA : Beberapa manfaat yang terdapat dari pisang klutuk, atau pisang batu.


"Moster, lobak, wasabi, dan sayuran berbunga lain mengandung mirosinase yang membentuk sulforafan," ujar Jeffery.


Studi sebelumnya menunjukkan, merebus sayuran dalam waktu lama dapat menghilangkan vitamin yang dikandungnya, seperti vitamin C, folat, dan niasin.


Sekarang bunda di rumah sudah tahu bukan, bahwa manfaat brokoli untuk kesehatan sangat banyak, dan juga mengandung vitamin yang memang di perlukan oleh tubuh.


Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan kita semua di rumah. Di bagikan juga ke yang lain ya bunda.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)