Manfaat Lobak putih untuk atasi sembelit dan wasir

lobak putih
manfaat lobak putih


Sebelum kita lebih lanjut ke manfaat lobak putih, kita akan menjelaskan apa itu lobak. Lobak putih sangat mirip dengan wortel namun hanya warna saja yang berbeda di mana wortel berwarna orange dan lobak ini berwarna putih. Lobak putih sendiri berasal dari tiongkok di sana sering di sebut dengan sebutan daikon atau lobak jepang. Dengan warna nya yang putih dan memiliki aroma sedang.


Lobak diketahui banyak mengandung enzim diatase yang bertugas membantu mencerna pati, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, niasin, minyak asiri, kolin, serat kasar, sulfur, kalsium, fosfor, zat zat besi, asam oksalat, kalium, silikon, dan raphain.


Dengan kandungannya tersebut, Lobak berkhasiat untuk mengurangi pengerasan dan timbunan lemak dalam tubuh, membersihkan liver, mencegah sembelit, mencegah kanker, mengatasi batuk dan bronkitis, menyembuhkan demam dan wasir, mengatasi sulit tidur atau insomnia, rematik, mengurangi nafsu makan, membantu mengatasi penyakit sinus, mengobati radang tenggorokan, membersihkan lendir dan dahak (mucus), serta mencegah infeksi virus seperti batuk dan flu serta berkhasiat antipiretik.


BACA JUGA : Manfaat daun suruhan yang harus kamu ketahui.


Resep membuat sup lobak putih.

Sup ini baik untuk kesehatan buah pinggang dan juga untuk ibu2 yg menyusui.


1.Iris bawang merah dan bawang putih. tumis dgn minyak

2. Masukkan 3 mangkok air dan tulang ayam.

3. Biar ia mendidih selama 15 minit. Masukkan garam.

4. Terakhir, masukkan lobak putih yang telah dihiris bulat.

5. Biar mendidih sebentar dan siap dihidangkan.

6. Boleh dihias dengan daun bawang dan daun sup dan tabur bawang goreng saat menghidangkannya.


Diambil dari berbagai sumber internet.

To Top