Cara memulai bisnis digital, dan 3 contoh yang bisa kamu coba .

bisnis digital
Manfaat dari bisnis digital, Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

 Sebelum kita masuk pada inti dari cara memulai bisnis digital, terlebih dahulu kita harus mengetahui bisnis digital itu apa.? Nah, untuk kamu yang belum mengetahui tentang bisnis ini maka kita akan membahasnya secara jelas dan juga saya akan memberikan beberapa contoh dari bisnis digital.


Bisnis digital adalah suatu bisnis yang menjual produk fisik, jasa, maupun produk yang berupa non fisik, tetapi di lakukan pemasaran dengan cara Online.


  • Produk fisik adalah produk yang dapat di lihat dan juga di sentuh, seperti baju, dan barang yang lainnya.
  • Produk jasa adalah jasa atau keterampilan khusus yang di tawarkan sehingga memiliki suatu nilai. seperti Laundry, tukang kebun, hingga berbagai jasa lain.
  • Produk non fisik adalah produk yang dapat di lihat namun tidak dapat di sentuh. contohnya adalah e-book, musik, game, dst.




Dari semua jenis produk yang saya tulis di atas, akan di jual atau di pasarkan  dengan cara Online, baik itu di media sosial ataupun di Market lainnya. Nah itulah yang di maksud dengan bisnis digital. Jadi sekarang kita sudah tahu apa itu bisnis digital.


Untuk para sahabat yang mau memulai bisnis digital dari awal, bisa simak semua tulisan ini sampai akhir agar sahabat di rumah bisa mulai mencoba bisnis ini.


Berikut di bawah ini adalah Cara memulai bisnis digital, beserta contoh yang bisa di ambil.

Memulai bisnis digital ini tergantung kepada Skil atau keterampilan seseorang agar produk atau jasa yang di tawarkan bisa menarik dan kebanjiran pembeli.


Mengapa saya katakan harus memiliki skil?
Karena untuk memasarkan suatu produk ke pasar digital ini tidak sembarang, mungkin kamu bisa memasarkannya dengan sembarang tetapi produk yang akan di lihat oleh orang lain nanti akan biasa saja sehingga tidak ada nilai lebihnya.


Di dalam membuat desain produk yang akan di pasarkan itu sangat lah penting, karena kebanyakan orang lebih melihat pada fisik, jadi bila suatu gambar atau foto produk kamu biasa saja maka orang akan melewatkan iklan dari produk yang kamu jual atau orang tidak mau melihat lebih detail.


Buatlah suatu gambar atau video tentang produk kamu sebagus dan semenarik mungkin. Tempatkan dirimu sendiri sebagai calon pembeli, bila kamu sudah merasa gambar atau video produk kamu bagus, maka barulah kamu memposting produk yang kamu jual pada marketplace.




Selain daripada gambar atau video, kamu juga wajib menambahkan beberapa kalimat ajakan agar orang yang melihatnya bisa segera membeli produk kamu.


Tambahkan juga deskripsi mengenai produk kamu, deskripsi haruslah jelas dan terperinci agar orang tidak lagi meraba akan produk yang kamu jual. Ingat, juallah produk yang memang bermanfaat dan di butuh kan oleh orang banyak.


Pada baris deskripsi kamu harus menjelaskan kelebihan dari suatu produk, berilah suatu solusi kepada calon pembeli kamu bila dia membeli produk yang kamu jual.


Itulah tadi tata cara dalam memasarkan produk secara digital, untuk contoh bisnis digital kamu bisa simak di bawah ini.


Beberapa contoh bisnis digital yang bisa kamu coba.

Saya akan memberikan hanya beberapa contoh saja yang ada di luar sana, contoh bisnis digital yang saya tuliskan di bawah hanya sebagian kecil saja. Untuk cara lengkapnya juga saya tulis, saya harap kamu bisa membacanya sampai habis agar kamu bisa benar-benar mempelajari dari contoh bisnis digital ini.


1. Menjual produk kecantikan

bisnis digital
Menjual produk kecantikan, Foto oleh shattha pilabut dari Pexels


Kamu bisa memulai dengan produk fisik, atau produk kecantikan. Contohnya adalah menjual pakaian, alat dan bahan kosmetik, serta kebutuhan kecantikan lainnya.


Untuk Market digitalnya sendiri kamu juga bisa memulainya dari sosial media yang kamu ketahui saja. Ambillah beberapa gambar atau foto produk kamu yang paling bagus, kemudian Posting gambar atau foto tadi di sosial media kamu.


Berilah judul yang bagus pada awal kalimat. Kemudian isi deskripsi produk dengan lengkap beserta kelebihan dari produk yang kamu posting tadi.


Yang paling penting adalah buat tombol tindakan agar calon bisa langsung membeli atau menghubungi kamu. Bila platform yang kamu gunakan tidak menyediakan tombol ajakan, maka saya sarankan agar kamu mencantumkan nomor kontak kamu agar si pembeli bisa dengan mudah menghubungi kamu.


2. Menjual produk e-book/ buku elektronik

buku elektronik
Produk buku elektronik atau ebook, Foto oleh Perfecto Capucine dari Pexels


E-book atau buku elektronik adalah sejenis buku yang dapat di lihat dan di baca seperti buku pada umum yang lainnya, namun hanya berupa digital saja. Atau bisa di katakan sebagai buku yang dapat di baca pada layar hp dan destop.


Ada sedikit kelebihan daripada ebook ini seperti, terdapat fail video, mp3, dan fail lainnya yang memang tidak bisa kita temukan pada buku umumnya.


Seiring bertambahnya umur zaman dan semakin canggihnya dunia virtual ini, maka buku digital ini semakin di minati, sehingga orang telah banyak beralih dari biasanya membaca buku biasa, namun sekarang mereka lebih memilih untuk membaca ebook. Karena mereka juga bisa dengan mudah mencari suatu buku yang memang sulit atau langka kita dapatkan pada pustaka.


Dengan adanya buku elektronik, kini manusia juga sangat terbantu karena mereka tidak lagi harus ke tempat pustaka untuk mencari suatu buku. Mereka juga tidak perlu repot dengan membawa sejumlah buku pada ransel mereka itu.




Maka untuk ide menjual ebook ini saya sangat menyarankannya. di mana kamu bisa menjualnya kembali dan bahkan bisa sampai ribuan kali jual, sudah pasti kamu akan mendapatkan keuntungan yang sangat fantastis.


Untuk kamu yang terkendala dalam membuat ebook, atau bahkan kamu sama sekali tidak tahu cara membuat ebook, kamu bisa mempelajarinya melalui video you..be.


Setelah ebook kamu siap atau telah jadi maka mulailah kamu untuk memasarkannya di playstore, dan market lainnya, atau bisa juga kamu menawarkan secara langsung pada grup sosial media favorit kamu.



3. Bisnis kursus/pelatihan secara online atau digital.

bisnis kursus online
Bisnis pelatihan atau kursus online, Foto oleh Kampus Production dari Pexels


Pada saat ini adalah waktu yang sangat tepat bagi kamu memulai bisnis satu ini. Mengapa saya katakan begitu?


Semenjak meningkatnya wabah yang sangat berbahaya ini, seseorang menjadi takut untuk bisa keluar rumah dan belum lagi peraturan yang berlaku di setiap negara, termasuk negara kita sendiri. Maka setiap aktivitas luar ruangan sudah sangat jarang sekali di lakukan.


Untuk bekerja maupun pendidikan kini telah di biasakan secara virtual sehingga seseorang di tuntut bekerja atau mencari ilmu hanya dengan dunia internet.


Dengan kamu memulai bisnis kursus atau pelatihan online, maka sudah bisa saya pastikan jenis bisnis ini sangat di minati oleh banyak orang.




Kamu bisa memulai bisnis kursus online ini dari minat atau hobi kamu saja. Contoh kursus yang bisa kamu lakukan adalah, kursus pendidikan, kursus memasak, kursus paket usaha dan masih banyak lagi yang bisa kamu bangun. Kursus ini kamu jalankan yaitu secara virtual atau online.


Mungkin pada perjumpaan ini saya hanya bisa memberikan 3 contoh bisnis digital saja yang bisa kamu coba, atau kamu bisa melihat banyak contoh yang lainnya di pencarian google.


Semoga apa yang saya berikan ini bisa bermanfaat dan juga bisa menjadi ide sebagai peluang bisnis untuk kamu yang ada di rumah.


Sampai bertemu pada artikel selanjutnya, karena saya akan selalu berbagi hal yang menarik dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

To Top