Salah satu tanaman liar yang bermanfaat untuk tubuh kita dan sangat jarang ada yang tahu

Pohon senggani adalah salah satu jenis tumbuhan liar yang bermanfaat.


  Pernahkah kamu terfikir bahwa tanaman liar yang bermanfaat jenis apakah yang sangat banyak tumbuh pada sekitar kita?


Seperti yang kita lihat pada gambar di atas adalah jenis tumbuhan liar yang sangat mudah tumbuh di perkarangan rumah maupun di kebun yang kita miliki.


Sangat banyak sekali nama atau sebutan untuk jenis tumbuhan ini, setiap daerah memberi nama yang berbeda pada tanaman ini.


Namun untuk bahasa ilmiahnya sendiri adalah familia Melastomataceae. Tetapi orang lebih suka menyebutnya dengan nama pohon senggani, temiki, kenikir, atau sisik naga.


Dari sekian banyaknya pohon senggani yang tumbuh pada sekitaran kita, apakah kamu pernah berfikir apa manfaat pohon senggani bagi kesehatan?


Orang-orang hanya menganggap pohon senggani ini hanya sebagai tanaman parasit yang dapat merusak jenis tanaman lainnya, dan dapat mengotori keindahan halaman rumah. Padahal sangat banyak sekali manfaat dari pohon senggani.


Pada artikel ini saya akan memberikan apa saja manfaat dari jenis pohon ini dan cara mengolahnya agar bisa berguna sebagai ramuan.



Manfaat dan cara mengolah daun senggani/kenikir hingga menjadi obat untuk kesehatan.

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat di sembuhkan dengan tanaman senggani ini, yaitu antara lain adalah:

  1. Mencret
  2. Keputihan
  3. Cacar pada kulit
  4. Menyembuhkan luka
  5. Menyembuhkan luka bekas bersalin bagi wanita
  6. Wasir
  7. Dan mengeluarkan angin pada tubuh



Berikut adalah jenis penyakit yang dapat di atasi dan cara meracik Khasiat tumbuhan senggani:

1. Apabila kamu mengalami cirit birit – Ambilkan pucuk pokok ini yang masih muda, makanlah sebagai ulam Insya Allah Cirit Birit akan segera hilang.


2. Masalah keputihan bagi kaum wanita – Keringkan daun pokok ini dan direbus bersama dengan halia, sedikit gula dan bonglai, biarkan suam dan minumlah airnya


3. Menghilangkan bintik-bintik cacar – Ambilkan akar pokok ini, giling bersama daunnya, kemudian tampalkan pada cacar atau parut cacar lainnya akan hilang secara perlahan.


4. Melegakan luka – Ambilkan buah senduduk yang masak picit atau perah airnya sapukan pada bagian luka, darah akan segera berhenti dan luka akan segera pulih.


5. Bagi wanita yang baru lepas bersalin – Keringkan akar senduduk kemudian rebus dan diminum sepanjang dalam pantang, hasilnya luka lepas bersalin akan segera sembuh dan mengecut sekaligus mengetatkan semula rahim


6. Mengatasi wasir – Rebuskan akar, daun dan batang senduduk dan minum airnya. Ia menjadi penawar kepada wasir.


BACA JUGA: Puluhan khasiat yang terkandung pada daun sirsak, coba cari tahu sekarang.


7. Melegakan Sakit Gigi – Rebus daun batang dan akar senduduk biarkan suam . Gunakan untuk berkumur, insya Allah sakit gigi akan mereda.


8. Membuang angin, lenguh sendi urat dan tulang – Air rebusan dari akar, batang dan daun dibuat mandian . Badan akan terasa lebih segar lenguh sendi tulang dan angin akan segera menghindar.


Itulah tadi apa saja manfaat pohon senggani bagi tubuh dan lengkap dengan cara mengolah tumbuhan tersebut menjadi ramuan yang sangat bermanfaat. Semoga apa yang telah saya bagikan ini bisa berguna untuk para pembaca di rumah.


Apabila kamu merasa tulisan ini sangat bermanfaat, maka saya sarankan agar kamu bisa berbagi kepada yang lainnya, karena saling berbagi ilmu itu sangatlah indah dan juga di butuhkan bagi yang lain, terutama para seseorang yang memiliki jenis penyakit yang ada di atas, agar mereka tahu bahwa tanaman liar ini sangat berguna bagi penderita tersebut, terima kasih.

To Top