Salah satu bisnis rumahan yang sedang tren dan memiliki tingkat kesuksesan yang besar.

 

Bisnis industri rumahan adalah bisnis yang bisa kamu coba.

Bisnis yang menjanjikan itu adalah bisnis yang dapat mendatangkan profit bagi pemilik bisnis itu sendiri. Sebenarnya semua bisnis sangat lah menjanjikan, tergantung kita sendiri bagaimana cara mengelolanya.


Sangat banyak sekali ide bisnis yang ada di luar sana, kamu tinggal mencarinya di internet dan kemudian kamu bisa mempelajari bisnis yang akan kamu jalankan. itu.


Namun saya sangat menyarankan agar kamu mempelajari salah satu ide bisnis langsung kepada pelaku bisnis agar ilmu yang kamu dapatkan bisa lebih efektif.


Pada artikel ini saya akan memberikan satu contoh ide bisnis rumahan yang memiliki prospek sangat baik.



Satu contoh Ide bisnis rumahan yang sangat menjanjikan, yaitu home industry/industri rumahan.

Produksi kerupuk, adalah salah satu bisnis industri rumahan yang memiliki keuntungan sangat besar.


Kamu harus benar-benar memiliki ide suatu produk yang akan kamu jual dan produksi sebagai bisnis kamu, karena produk adalah inti dari sebuah bisnis. Tanpa adanya produk, maka bisnis tidak bisa di jalankan.


Kerupuk adalah salah satu contoh produk dari bisnis rumahan, sangat banyak sekali yang menjadikan kerupuk sebagai produk mereka yang menjalankan bisnis produksi.


Kerupuk di buat dari bahan yang belum jadi hingga benar-benar menjadi satu produk yang dapat di pasarkan hingga luas.


BACA JUGA: Memulai bisnis jual beli mobil bekas tanpa modal.


Peminat kerupuk juga sangat banyak, karena jenis kudapan ini sangat mungkin di konsumsi dengan berbagai waktu dan jenis makanan lainnya. Kerupuk bisa di makan bersamaan dengan sate, nasi, bakso, dan makanan lainnya, jadi bila kamu memilih kerupuk sebagai ide produk yang akan kamu produksi maka sangat tepat sekali.


Tapi sebelum kamu memproduksinya maka kamu harus sudah tahu betul jenis kerupuk apa yang akan kamu pilih, dan kamu juga harus memiliki ilmu atau resep dalam membuat kerupuk yang enak dan di sukai oleh pasar.


Survey terlebih dahulu sebelum kamu memilih produk tersebut, jangan asal mengambil tindakan yang dapat berdampak untuk ke depan, tapi jangan juga kamu mengulur waktu.



Tips yang harus kamu pelajari sebelum memulainya.

  1. Temukan ide produk
  2. Cari lokasi yang strategis
  3. Sediakan modal
  4. Survey dulu tentang produk dan harga pasaran
  5. Mulai.



1. Temukan ide produk.

Produk yang akan kamu produksi dan akan di pasarkan haruslah yang di minati atau menjadi kebutuhan seseorang, atau paling tidak orang suka dengan produk yang kamu tawarkan.


Jangan memilih produk yang umum dan kurang di minati pada pasar, karena akan memperlambat dan tidak berjalannya suatu bisnis.


BACA JUGA: Berbisnis di kampung dengan menjadi pengepul pinang.


Produk adalah inti dari hasil yang akan kamu peroleh, semakin bagus dan di minati maka kamu akan mendapatkan keuntungan yang sangat cepat. Maka carilah ide produk yang benar-benar menarik dan di sukai banyak orang.



2. Cari lokasi yang strategis.

Lokasi tidak kalah penting peranannya dalam menjalankan bisnis, tanpa lokasi yg strategis maka penjualan juga tidak begitu maksimal.


Jenis lokasi tergantung dengan bisnis yang akan kita dirikan, contohnya adalah kita akan mendirikan sebuah usaha toko baju, maka kita harus mencari lokasi yang ramai akan lalu lalang orang.


Namun berbeda dengan bisnis industri rumahan atau Home Industry, lahan yang di butuhkan juga harus sedikit agak luas dan mudah akan jalur untuk masuknya alat transportasi untuk bongkar muat barang produksi.


Karena lokasi di gunakan untuk memproduksi, maka sebaiknya tidak begitu dekat dengan rumah orang, karena akan mengalami kebisingan atau memiliki tingkat polusi, baik itu polusi udara ataupun polusi limbah produksi. Jadi kamu harus menentukan dengan benar suatu lokasi.



3. Sediakan modal.

Tanpa adanya modal maka suatu usaha tidak bisa berjalan, besar kecilnya modal dapat berpengaruh pada pertumbuhan bisnis karena modal yang besar bisa dengan cepat memperkenalkan suatu Brand.


Untuk pengadaan barang dan bahan produksi haruslah di miliki dengan modal yang cukup, belum lagi harga mesin produksi terbilang agak mahal.


BACA JUGA: Cara memulai bisnis jual beli motor bekas.


Untuk kamu yang memiliki modal sedikit, maka usahakan memproduksi dengan cara manual tanpa harus membeli mesin terlebih dahulu.


Gunakan modal sebagai penyewaan lahan lokasi tempat pendiriannya gedung produksi. Sisihkan juga sedikit modal untuk biaya promosi agar Brand dan produk cepat di kenal pasar.



4. Survey dulu tentang produk dan harga pasaran.

Tanpa adanya survey lapangan maka kita tidak akan pernah tahu apakah produk kita di minati atau tidak.

Buat beberapa sedikit produk untuk di tes ke pada orang terdekat atau kerabat, dan tanyakan pendapat mereka dari produk yang kamu uji coba tersebut. Bila 9 dari 10 orang memberi nilai bagus, maka produk bisa mulai kamu produksi dan pasarkan.



5. Mulai.

Mulailah membangun usaha tanpa menunda-nunda, karena bila kamu menunda untuk membangun bisnis yang akan kamu jalankan, nanti kamu akan malas dan bisnis tersebut tidak jadi di mulai.


Janganlah kita hanya menjadi orang yang suka berangan-angan, karena sukses adalah milik orang yang mau memulai dan bekerja keras. Bila kamu gagal kamu harus bangkit, dan hindari kesalahan yang terjadi di masa mendatang.


BACA JUGA: 

  1. Cara membuat Facebook bisnis untuk meningkatkan penjualan Online kamu.
  2. Dapatkan 3 contoh bisnis digital, cocok untuk kamu sebagai anak muda.
  3. Beberapa bisnis yang selalu di cari oleh konsumen.
  4. Cara mudah memulai bisnis sebagai agen property.


Mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai bisnis rumahan yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk berkunjung kembali di lain waktu, karena saya akan berbagi ilmu-ilmu yang bermanfaat mengenai dunia bisnis dan usaha.


Semoga kamu yang membaca artikel ini, bisa mempunyai bisnis kamu sendiri dan bisa sukses dalam menjalankannya, terima kasih.

To Top