Cara membuat resep donat jco yang sangat enak dan pastinya mudah.

 Bawangkampong.com - Setiap orang pasti ingin membuat donat yang empuk dan lembut, namun tidak sedikit juga yang gagal dalam mencobanya. Nah saya akan memberikan resep donat jco yang sangat enak untuk bunda di rumah, dan sudah pasti resep ini yang terbaik.


Resep donat jco yang akan saya bagikan di sini akan sangat lembut dan empuk asal bunda benar-benar membaca dan melihat cara buatnya dengan benar.


Resep ini juga sangat sederhana dan mudah untuk bunda buat, saya yakin bunda tidak akan gagal saat mencoba di rumah.


Langsung saja kita lihat resepnya ya bun.


Resep donat ala jco yang sangat mudah di buat


Resep Donat Sederhana ala JCO dengan tekstur yang sangat lembut dan gurih, saya yakin bunda akan suka dengan resep yang saya bagikan ini.


Bahan yang harus di sediakan untuk resep donat jco :

275gr / 27,5sdm Tepung Terigu Protein Sedang.

3 sdm gula pasir

1/2 sdt baking powder

1 Butir kuning telur

1 1/2 sdt Ragi instan

1sdt vanilli

9 sdm/130ml susu cair uht full cream dingin

3 sdm press mentega

sejumput garam

topping sesuai selera :

glaze elmer

kacang tanah sangrai

kacang alamond

crispy choco balls

meses warna-warni


BACA JUGA : Resep donat lembut, gurih dan mudah untuk bunda buat di rumah.


Alat yang dipakai : Mithochiba Chopper CH-200


Cara membuatnya:

Bila bunda mengadon dengan tangan maka bisa memasukkan semua bahan kecuali mentega dan garam di masukan ketika adonan setengah kalis lalu diuleni hingga kalis elastis.

Ulen kurang lebih 15menit-20menit bisa dengan gerakan seperti menggilas mencuci baju manual bolak balik.

tahap 1 rounding membulatkan adonan biar atas adonan mulus, lalu tutup dan diamkan 10 menit.

tahap 2.menggilas dengan rollingpin, pipihkan adonan kurang dari 1cm.lalu tutup dan diamkan 10 menit.

tahap 3.mencetak adonan donat, cetak adonan dengan cetakan donat lalu taruh di atas baking paper yang telah ditaburi tepung lalu tutup dan diamkan 45-60menit.

tahap 4. menggoreng donat, pastikan minyak telah panas lalu kecilkan api dan masukan donat, balik 1x saja. Setiap donat goreng hingga kuning coklat hingga matang.

jika ada sisa adonan, silakan ulangi dari tahap 1,2,3 dan 4


Tips: penggunaan susu dingin atau air dingin agar adonan mudah kalis.


Tips goreng :  

Untuk menggoreng donat, harus mempergunakan minyak yang banyak. Pastikan donat yang digoreng terendam oleh cairan minyak.

2. suhu yang tepat untuk menggoreng donat adalah berkisar 176 derajat c hingga 185 derajat C. Goreng donat selama kurang lebih 2 menit.

3. Jangan goreng donat dengan suhu yang terlalu tinggi, karena bisa membuat kulit luar donat menjadi gosong, sedangkan bagian dalamnya masih mentah.

4. Menggoreng donat sebaiknya mempergunakan minyak padat, karena minyak padat lebih tahan panas, dan hasil gorengan donat tidak menyerap minyak.

5. Jika menggoreng donat mempergunakan minyak cair, maka selalu menggoreng dengan minyak yang masih baru, agar aromanya lebih wangi.

6. Tambahkan kurang lebih dua sendok makan shortening ke dalam minyak goreng untuk menggoreng donat, agar donat tidak terlalu menyerap minyak.

7. Jangan sering membolak-balik donat saat digoreng, cukup sekali balik saat menggorengnya.


Resep ini menghasilkan 12 buah donat sedang

Tips menyimpan donat : taruh di wadah tertutup setelah tidak panas lagi simpan di kulkas boleh dan jika ingin di makan keluarkan dari kulkas dan tunggu 5 menit agar teksturnya enak.

Tips aku menyimpan bungkus ragi yang telah dibuka langsung di lipat tutup rapat lalu balut lapisi tisu kering dan di plester bening sekeliling bungkusnya lalu taruh di plastik ziplock dan simpan di kulkas bawah.


Video cara membuat:



Itulah tadi proses mudah dari resep donat jco yang bisa bunda coba lakukan di rumah. Semoga bunda suka dan bisa bermanfaat. Ikuti terus resep yang akan datang ya bun.


Saya juga berterima kasih karena bunda telah bersedia berkunjung dan membaca resep yang saya bagikan tadi di atas, sampai bertemu kembali.

To Top