Jajanan gorengan resep roti goreng isi sayur rasa mantul, yakin enggak mau coba?

 Bawangkampong.com - Assalammu'alaikum bunda? lihat cara membuat resep roti goreng isi sayur yok bun, rasanya enak bener dan bunda pasti suka.


Biasanya untuk membuat resep roti goreng orang selalu menggunakan isian coklat, namun berbeda dengan resep yang ini ya bunda karena kita akan menggunakan sayuran sebagai isian dalamnya.


Ada juga sih orang yang membuat resep ini namun hanya sedikit yang tahu. Dari itu kita akan coba membuat resep roti goreng isi sayur agar bunda tidak lagi penasaran dengan rasa dari roti goreng isi sayur ini.


Setelah bunda mencoba membuat di rumah, saya yakin bunda akan menyukainya dan akan terus membuat, karena siapa saja yang mencoba resep roti goreng isi sayur ini pasti bakalan suka dan ketagihan.


Untuk proses membuatnya juga tidak susah kok bun, asal bunda membaca semuanya sampai habis, dan mengikuti sesuai apa yang telah saya bagikan di sini.


Ok kita langsung melihat bahan apa saja yang di perlukan untuk membuat resep roti goreng isi sayur lengkap dengan cara membuatnya.




Resep roti goreng dengan isi sayur, mirip seperti tahu isi.


Bahan dan cara dalam pembuatan resep roti goreng isi sayur.

Simak bahan yang di perlukan di bawah ini ya bun, kalau perlu bunda bisa mencatatnya di buku agar tidak lupa


Bahan-bahan:

500 gram tepung terigu protein tinggi

1 butir kuning telur

3 sdm margarin

1 sdm susu bubuk

3 sdm gula pasir

sedikit garam

500 gram minyak makan untuk menggoreng

secukupnya air untuk celupan

secukupnya tepung panir


BACA JUGA : 

  1. Puluhan resep kolak paling enak.
  2. Resep jajanan anak yang sangat unik namun juga sehat.
  3. Resep roti goreng dengan buah nangka.


bahan biang:

1 sdm ragi instan

3 sdm gula pasir

200 ml air hangat

bahan isi:

1 buah wortel ukuran besar

2 buah kentang ukuran sedang (kemarin tidak pakai kentang)

100 gram buncis

secukupnya daun bawang iris halus

100 gram tauge

secukupnya minyak makan

secukupnya gula dan garam

bumbu halus:

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

3 buah cabe merah

sejumput ebi

secukupnya lada bubuk


Pastikan semua bahan di atas tidak ada yang terlewat sewaktu bunda membuatnya. Setelah itu kita lihat tahap atau cara membuat resep roti goreng isi sayur yang telah saya tulis di bawah ini


Sayur yang telah di tumis sebagai bahan isian untuk tahu gorengnya.


Cuci bersih bahan sayur yang telah di persiapkan, kemudian kupas dan potong-potong wortel, iris buncis sesuai selera dan siangi tauge.


Panaskan minyak makan dan tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan sayuran yang sudah dipotong dan diiris.


 Tambahkan air secukupnya aduk rata dan diamkan hingga air menyusut. Tambahkan gula, garam, lada bubuk dan penyedap jika suka, koreksi rasa aduk rata lalu angkat dan sisihkan. Campur dan aduk rata bahan, diamkan sekitar 10-15 menit sampai berbuih.


Sediakan wadah tempat untuk adonan terigu, susu bubuk, dan gula, aduk adonan sampai rata lalu masukkan bahan biang dan kuning telur aduk2 uleni hingga kalis.


Lalu tambahkan margarin dan garam uleni terus hingga elastis seperti gambar yang ada di bawah ini.


Bahan yang telah di aduk hingga menjadi kalis.


Setelah adonan siap diaduk dan menjadi kalis, maka diamkan adonan tepung tersebut selama 45 - 60 menit, hingga adonan terlihat lebih mengembang.


Setelah adonan yang di diamkan tadi telah mengembang, maka sekarang bunda harus membagi adonan hingga menjadi beberapa bulatan seperti gambar di bawah.


Adonan yang telah di bagi hingga membentuk bulatan.


Ambil adonan yang telah di bagi tadi satu persatu untuk di pipihkan agar dapat di isi dengan sayuran tumis sebagai isiannya lihat gambar yang ada di bawah. Setelah di isi dengan sayuran maka tutup kembali atau bentuk sesuai dengan keinginan bunda.


Adonan yang di isi dengan sayur tumis

Bila semua adonan telah di isi dengan sayuran Panaskan minyak goreng dengan api kecil terlebih dahulu.


Sambil menunggu panas minyak, kita terlebih dahulu mencelupkan adonan ke dalam air panas, lalu gulingkan ke tepung panir dan goreng hingga matang, angkat dan sajikan bersama saus sambal jika suka.


Itulah tadi cara membuat resep roti goreng isi sayur yang bisa bunda coba di rumah, semoga bunda yang telah membaca resep ini bisa suka.


Semoga juga apa yang telah saya bagikan bisa bermanfaat untuk orang banyak. Bagikan juga resep roti goreng isi sayur ke bunda yang lainnya, bunda cukup tekan tombol bagi yang ada di bawah.


Saya sangat berterima kasih karena telah berkenan mampir dan membaca resep yang ada pada blog sederhana saya ini, sampai jumpa pada resep yang akan datang.


To Top