Cara Menyimpan Tempe Agar Tetap tahan lama dan tidak cepat busuk

Sumber gambar : https://www.facebook.com/KomunitasIbuKreatifID/


 Bawangkampong.com - Tempe adalah makanan yang sangat populer di Indonesia. Namun, karena terbuat dari bahan organik, tempe cenderung menjadi busuk dengan cepat jika disimpan tidak dengan benar. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menyimpan tempe agar tetap tahan lama dan tidak cepat busuk.


Beli tempe yang masih baru atau berkualitas baik

Jika Anda ingin membeli tempe, sebaiknya pilih yang masih baru atau berkualitas baik. Jangan membeli tempe yang sudah lama atau yang kualitasnya tidak bagus, karena akan sulit untuk menyimpannya dengan baik. Tempe yang masih baru dan berkualitas baik akan tahan lebih lama daripada yang lainnya.


Tempe lebih bagus di balut dengan daun

Balut tempe dengan daun adalah salah satu cara yang efektif untuk menyimpan tempe agar tetap tahan lama dan tidak cepat busuk. Daun akan membantu menyerap kelembaban dan mencegah tempe dari bau busuk. Selain itu, daun juga akan memberikan nutrisi tambahan bagi tempe sehingga ia tetap sehat dan lezat untuk dimakan.


Jangan potong tempe bila mau di simpan

Jangan potong tempe bila mau di simpan. Tempe yang telah dipotong akan cepat busuk dibandingkan dengan tempe yang masih utuh. Oleh karena itu, jika ingin menyimpan tempe agar tetap tahan lama, sebaiknya jangan potong terlebih dahulu. Anda bisa memotongnya ketika sudah siap untuk diolah atau dimakan.


Masukkan tempe ke wadah kedap udara

Masukkan tempe ke wadah kedap udara, seperti toples atau wadah plastik dengan tutup yang ketat. Tempe masih akan menyerap oksigen dari udara, jadi pastikan untuk menutupnya dengan baik. Jika Anda ingin menyimpan tempe dalam jangka waktu yang lebih lama, sebaiknya masukkan tempe ke dalam freezer.


Simpan tempe di kulkas, namun hindari tempe masuk ke Freezer

Simpan tempe di kulkas, namun hindari tempe masuk ke Freezer. Tempe akan tetap tahan lama dan tidak cepat busuk jika Anda menyimpannya dengan benar. Beberapa tips untuk menyimpan tempe agar tetap segar dan tahan lama adalah sebagai berikut:

- Simpan tempe di kulkas, namun jangan meletakkannya di freezer. Kondisi dingin akan membuatnya cepat busuk.


Baca juga : Cara mengolah tempe hingga menjadi makanan cemilan atau lauk yang enak.


- Jika ingin menyimpan tempe untuk waktu yang lebih lama, Anda bisa merendamnya dalam air garam selama beberapa jam. Rendaman ini akan mencegah bakteri dan jamur dari masuk dan membuatnya tahan lebih lama.

- Anda juga bisa menambahkan beberapa cabai rawit atau jahe ketika merendam tempe untuk memberi aroma tambahan.


Semoga Tips cara menyimpan tempe agar tahan lebih lama seperti di artikel atas tadi bisa menjadi solusi bagi bunda di rumah yang sering kebingungan dengan caranya.

Tags
To Top