7 kota tertua di dunia yang wajib kamu tahu tentang sejarahnya.

Bawangkampong.com - Kota-kota tua atau kota kuno menjadi salah satu tempat unik
Foto oleh Narin Chauhan:
https://www.pexels.com/id-id/foto/kota-orang-orang-air-bangunan-16542333/


 Bawangkampong.com - Kota-kota tua atau kota kuno menjadi salah satu tempat unik yang harus kamu kunjungi sebagai salah satu tujuan wisata.


Terdapat banyak sekali sejarah dan peninggalan dari kerajaan terdahulu yang masih belum di ungkap. Kota kuno atau kota tertua juga menyimpan teka-teki bagi setiap orang yang berkunjung.


Baca juga:

Siapa yang sedang berkunjung ke Aceh? Belum lengkap bila tidak singgah ke sate legendaris bang Andi.


Bagi kamu yang hobi melakukan perjalanan ke kota-kota tua, coba deh kamu simak 7 kota tertua di dunia di bawah ini versi bawangkampong.com.


Berikut ini adalah 7 Kota Tertua di Dunia:


Kota-kota kuno memainkan peran penting dalam sejarah manusia, menjadi saksi perkembangan peradaban dari zaman prasejarah hingga modern. Beberapa di antaranya telah berusia ribuan tahun dan dianggap sebagai kota tertua di dunia. Kota-kota ini memiliki sejarah yang kaya dan merupakan tempat tinggal bagi peradaban yang telah punah. Mari kita lihat beberapa kota tertua di dunia dan cerita menarik di baliknya.


1. Damaskus, Suriah:

Damaskus, ibu kota Suriah, sering dianggap sebagai salah satu kota tertua yang masih berpenghuni di dunia. Sejarah Damaskus dapat ditelusuri lebih dari 11.000 tahun. Kota ini dikenal dengan berbagai peninggalan bersejarah, seperti Masjid Umayyad yang megah dan Citadel Damaskus yang kokoh. Damaskus telah menjadi pusat perdagangan dan budaya di Timur Tengah selama berabad-abad.


2. Aleppo, Suriah:

Terletak di utara Suriah, Aleppo juga merupakan salah satu kota tertua di dunia yang masih berpenghuni. Sejarah Aleppo dapat ditelusuri hingga lebih dari 8.000 tahun yang lalu. Kota ini pernah menjadi titik pertemuan jalur perdagangan penting antara Timur Tengah dan Eropa. Benteng Aleppo dan Kota Tua Aleppo merupakan situs bersejarah yang terkenal di kota ini.


Baca juga:

Kamu hobi wisata kuliner, dan udah coba kuliner Jakarta? Yuk lihat 20 tempat kuliner yang di akui enak.


3. Jericho, Palestina:

Jericho, yang terletak di Lembah Yordan, diklaim sebagai salah satu kota tertua yang masih berpenghuni di dunia. Bukti arkeologi menunjukkan bahwa Jericho telah dihuni selama lebih dari 10.000 tahun. Kota ini terkenal dengan Tembok Yeriko, yang dianggap sebagai tembok kota tertua di dunia. Jericho juga memiliki Situs Arkeologi Tel es-Sultan yang mengungkapkan banyak penemuan menarik tentang kehidupan manusia pada masa prasejarah.


4. Byblos, Lebanon:

Byblos adalah kota kuno yang terletak di pantai Laut Tengah di Lebanon. Sejarah Byblos dapat ditelusuri kembali hingga lebih dari 7.000 tahun yang lalu. Kota ini terkenal dengan penggunaan sistem penulisan alfabetik pertama kali dalam sejarah manusia. Selain itu, Byblos memiliki situs arkeologi yang mengungkapkan banyak temuan bersejarah, seperti kuil-kuil, makam, dan reruntuhan kota kuno.


5. Susa, Iran:

Susa, yang terletak di wilayah barat daya Iran saat ini, merupakan salah satu kota tertua di dunia. Sejarah kota ini dapat ditelusuri lebih dari 6.000 tahun yang lalu. Susa adalah ibu kota Kekaisaran Elam, yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah kuno. Peninggalan bersejarah di Susa termasuk Istana Darius dan Benteng Acropolis.


6. Luxor, Mesir:

Luxor, yang dulunya dikenal sebagai Thebes, adalah salah satu kota tertua di Mesir. Kota ini merupakan tempat berdirinya Kerajaan Baru Mesir dan memiliki sejarah yang mencapai lebih dari 4.000 tahun. Luxor terkenal dengan situs arkeologi yang luar biasa, seperti Kuil Karnak yang megah, Kuil Hatshepsut, dan Lembah Para Raja yang merupakan tempat pemakaman para Firaun.


Baca juga:

Ocean coffee merupakan primadonanya para pecinta kopi di Lhokseumawe, Aceh.


7. Varanasi, India:

Varanasi, juga dikenal sebagai Benares, adalah salah satu kota tertua di India dan dianggap sebagai salah satu kota tertua yang masih berpenghuni di dunia. Varanasi memiliki sejarah yang panjang yang meliputi lebih dari 3.000 tahun. Kota ini dianggap suci dalam agama Hindu dan merupakan tujuan ziarah penting bagi umat Hindu. Varanasi terletak di sepanjang Sungai Gangga dan memiliki banyak kuil, tangga ghat, dan situs keagamaan yang penting.


Itulah beberapa contoh kota tertua di dunia. Meskipun telah berabad-abad berlalu, kota-kota ini masih mempertahankan pesona dan warisan sejarah mereka. Mereka memberikan wawasan yang berharga tentang kehidupan dan peradaban masa lalu, dan menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang manusia di bumi ini.


Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu kota tertua di dunia seperti yang ada di atas tadi? Beri pendapat kamu tentang kota tertua di dunia, dengan cara mengisi kolom komentar yang ada di bawah.


Apabila ada tempat unik lainnya yang ingin kamu rekomendasikan dan di tampilkan pada halaman web ini, kamu bisa mengirimkan artikelnya ke kontak yang tersedia.


Semoga artikel ini yang membahas kota tertua di dunia bisa berguna bagi kamu semua yang penasaran, dan sampai bertemu pada info menarik lainnya.

Berita info
Post a Comment
Top comments
Newest first
] -->
Table of Contents
Link copied successfully.